Monday 17 April 2017

Tulisan Etika Profesi

Tulisan
1. Apa sebenarnya kepakaran dari seorang sarjana teknik industri?
Kepakaran yang harus dan mampu dimiliki seorang sarjana teknik industri antara lain a. sarjana teknik industri harus mampu mensinergikan setiap elemen yang ada dalam bidang industri seperti manusia, mesin, metode, biaya, dan material. Mengenali, memahami dan mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari untuk elemen-elemen tersebut membentuk sebuah sistem yang baik, saling terkait tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya.
b. sarjana teknik industri harus bisa menganalisa setiap aspek dalam dunia industri seperti ergonomi, kualitas, probabilitas, keputusan, dan lain-lain secara luas. Memiliki kemampuan untuk mengenali sistem secara keseluruhan. Setiap saat harus memiliki niat untuk belajar hal baru, berpikiran terbuka, dan mampu menjadi pemecah masalah disetiap kasus yang ada.

c. sarjana teknik industri harus mampu melakukan perencanaan, perancangan, perbaikan, pengembangan, dan pengaplikasian dari apa yang sudah dipelajari untuk setiap kehidupan sehari-hari dibidang teknik industri.

2. Tuliskan karakter-karakter tidak beretika menurut kalian dalam kehidupan sehari-hari!(3 Contoh dan Analisa)
a. seseorang membuang sampah ditempat sembarangan didepan umum sehingga menyebabkan lingkungan sekitar menjadi terlihat kotor dan tidak bersih, menyebabkan polusi udara dan tidak enak dipandang, yang dapat berakibat penyumbatan saluran air bisa menimbulkan banjir dan bau tak sedap.
b.      Seseorang berbicara kasar di tempat kerja atau tempat umum yang sangatlah tidak dianjurkan terutama ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau memiliki jabatan lebih tinggi. Penilaian seseorang dapat dilihat dari cara berbicara, bersikap, dan santun.
c.       Seseorang merokok dimanapun ditempat umum yang dapat mengganggu khalayak lain akan sangat membahayakan karena asap yang dikeluarkan dapat terhirup oleh orang yang non merokok.

3. Tuliskan aktivitas tidak beretika profesional dalam bekerja!(3 contoh dan analisa)
a.       Tidak bertanggung jawab dalam menjalankan tugas
Seorang buruh ketika melaksanakan tanggung jawabnya sebagai profesional harus senantiasa menggunakan pertimbangan moral dan profesional dalam semua aktivitas yang dilakukannya.karena jika tidak memilikinya akan dianggap tidak memiliki etika professional.
b.      Tidak dapat menjaga kerahasiaan perusahaan tempat bekerja
Suatu perusahaan atau tempat seseorang bekerja memiliki rahasia terutama dalam tujuan untuk bisa terus mempertahankan eksistensi perusahaan tersebut. Apabila seorang pekerja tidak dapat menjaga kerahasiaan perusahaan, maka dianggap tidak memiliki etika professional. Karena pada masa ini kerahasiaan suatu perusahaan sangat dijaga ketat agar pesaing lain tidak mengetahui internal perusahaan.
c.       Tidak konsisten dalam bekerja
Seorang pekerja melakukan pekerjaan selain dari tanggung jawab utama yang telah ditentukan tidak masalah apabila pekerjaannya telah selesai tetapi jika belum selesai pekerja tersebut ingin mengerjakan pekerjaan lain hanya karena keuntungannya lebih besar berarti dia tidak memiliki etika professional.


Sumber :
Posted on by Samid | No comments

0 comments:

Post a Comment