International
Organization for Standardization, atau lebih dikenal sebagai ISO, adalah
salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran
mutu organisasi. Mereka memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana
kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga adalah salah
satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.
Mereka yang memiliki sertifikasi ISO
akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal itu
disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang
ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait. Selain itu masih
banyak keuntungan lainnya yang akan langsung kita bahas di bawah ini. Berikut
ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh sebuah perusahaan dengan
adanya sertifikasi ISO sebagai standar perusahaan tersebut.
a.
Meningkatkan
Kredibilitas Perusahaan Serta Kepercayaan Pelanggan
Dengan
menerapkan sistem manajemen mutu, sebuah perusahaan akan dapat menjamin
kredibilitas mereka. Yang dimaksud kredibilitas di sini adalah kendali proses
dan prosedur sebuah perusahaan dimana memastikan apabila terdapat sesuatu yang
tidak beres maka antisipasi akan dilakukan dengan cepat. Pada akhirnya
kredibilitas ini akan menghasilkan nilai positif dalam kepuasan pelanggan.
b.
Jaminan Atas
Kualitas dengan Standar Internasional
Untuk
mendapatkan Standardisasi ISO sebuah perusahaan harus melalui sebuah siklus
pasti yang dikenal dengan PDCA yakni identifikasi, analisa, dan eksekusi sebuah
penyelesaian masalah untuk menjamin mutu internasional. Siklus atau prinsip ini
adalah prinsip internasional yang juga diterapkan di segala jenis industri.
c.
Menghemat Biaya
Standar ISO akan
memungkinkan suatu perusahaan untuk menerapkan sistem manajemen khusus yang
membantu mereka untuk mengetahui kinerja perusahaan secara menyeluruh. Jika ada
indikasi bahwa produk akan gagal atau kinerja perusahaan menurun maka
antisipasi akan segera dilakukan. Hal itu juga secara tidak langsung berarti
mencegah kemungkinan pemborosan anggaran terkait produk atau kinerja yang buruk
tersebut.
d.
Mengoptimalkan
Kinerja Karyawan
Kembali kepada
prinsip manajemen mutu, semua prinsip tersebut ditetapkan untuk dapat diikuti
oleh seluruh karyawan dari level staff hingga level eksekutif dalam sebuah
perusahaan. Hal ini akan memacu para karyawan untuk dapat menjaga kualitas,
efisiensi, serta produktivitas mereka dalam standar ISO yang telah ditetapkan
sebelumnya.
e.
Meningkatkan
Image Perusahaan
Salah satu
keuntungan paling jelas dari perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi ISO
adalah tentunya image atau brand perusahaan akan menjadi jauh lebih positif.
1) Pengertian
ISO 9000
Pengertian
ISO 9000 adalah kumpulan standar untuk sistem manajemen mutu (SMM). ISO 9000
yang dirumuskan oleh TC 176 ISO, yaitu organisasi internasional di bidang
standardisasi. ISO 9000 pertama kali dikeluarkan pada tahun 1987 oleh International
Organization for Standardization Technical Committee (ISO/TC) 176. ISO/TC
inilah yang bertanggungjawab untuk standar-standar sistem manajemen mutu.
ISO/TC 176 menetapkan siklus peninjauan ulang setiap lima tahun, guna menjamin
bahwa standar-standar ISO 9000 akan menjadi up to date dan relevan untuk
organisasi.Revisi terhadap standar ISO 9000 telah dilakukan pada tahun 1994 dan
tahun 2000.
adanya
satu set prosedur yang mencakup semua proses penting dalam bisnis;
adanya
pengawasan dalam proses pembuatan untuk memastikan bahwa sistem menghasilkan
produk-produk berkualitas,tersimpannya data dan arsip penting dengan baik, adanya
pemeriksaan barang-barang yang telah diproduksi untuk mencari unit-unit yang
rusak, dengan disertai tindakan perbaikan yang benar apabila dibutuhkan;
secara teratur
meninjau keefektifan tiap-tiap proses dan sistem kualitas itu sendiri.
Sebuah
perusahaan atau organisasi yang telah diaudit dan disertifikasi sebagai
perusahaan yang memenuhi syarat-syarat dalam ISO 9001 berhak mencantumkan label
"ISO 9001 Certified" atau "ISO 9001 Registered".
Sertifikasi
terhadap salah satu ISO 9000 standar tidak menjamin kualitas dari barang dan
jasa yang dihasilkan. Sertifikasi hanya menyatakan bahwa bisnis proses yang
berkualitas dan konsisten dilaksanakan di perusahaan atau organisasi tersebut.
Walaupan
standar-standar ini pada mulanya untuk pabrik-pabrik, saat ini mereka telah
diaplikasikan ke berbagai perusahaan dan organisasi, termasuk perguruan tinggi
dan universitas.
Kumpulan Standar
dalam ISO 9000 ISO 9000 mencakup standar-standar di bawah ini: ISO 9000 -
Quality Management Systems - Fundamentals and Vocabulary: mencakup dasar-dasar
sistem manajemen kualitas dan spesifikasi terminologi dari Sistem Manajemen
Mutu (SMM).
ISO 9001 - Quality Management Systems -
Requirements: ditujukan untuk digunakan di organisasi manapun yang merancang,
membangun, memproduksi, memasang dan/atau melayani produk apapun atau
memberikan bentuk jasa apapun. Standar ini memberikan daftar persyaratan yang harus
dipenuhi oleh sebuah organisasi apabila mereka hendak memperoleh kepuasan
pelanggan sebagai hasil dari barang dan jasa yang secara konsisten memenuhi
permintaan pelanggan tersebut. Implementasi standar ini adalah satu-satunya
yang bisa diberikan sertifikasi oleh pihak ketiga.
ISO 9004 - Quality Management Systems -
Guidelines for Performance Improvements: mencakup perihal perbaikan sistem yang
terus-menerus. Bagian ini memberikan masukan tentang apa yang bisa dilakukan
untuk mengembangkan sistem yang telah terbentuk lama. Standar ini tidaklah
ditujukan sebagai panduan untuk implementasi, hanya memberikan masukan saja.
Masih banyak
lagi standar yang termasuk dalam kumpulan ISO 9000, dimana banyak juga
diantaranya yang tidak menyebutkan nomor "ISO 900x" seperti di atas.
Beberapa standar dalam area ISO 10000 masih dianggap sebagai bagian dari
kumpulan ISO 9000. Sebagai contoh ISO 10007:1995 yang mendiskusikan Manajemen
Konfigurasi dimana di kebanyakan organisasi adalah salah satu elemen dari suatu
sistem manajemen.
ISO mencatat
"Perhatian terhadap sertifikasi sering kali menutupi fakta bahwa terdapat
banyak sekali bagian dalam kumpulan standar ISO 9000 ... Suatu organisasi akan
meraup keuntungan penuh ketika standar-standar baru diintegrasikan dengan standar-standar
yang lain sehingga seluruh bagian ISO 9000 dapat diimplementasikan". Sebagai
catatan, ISO 9001, ISO 9002 dan ISO 9003 telah diintegrasikan menjadi ISO 9001.
Kebanyakan, sebuah organisasi yang mengumumkan bahwa dirinya "ISO 9000
Registered" biasanya merujuk pada ISO 9001.
2) Pengertian
ISO 14000
ISO14000
adalah standar internasional untuk manajemen lingkungan yang
berlaku untuk setiap usaha atau organisasi, terlepas dari ukuran, lokasi
atau pendapatan.Standar-standar ini dikembangkan oleh Organisasi Internasional
untuk Standarisasi (ISO), yang memiliki perwakilan dari komite seluruh dunia.
ISO 14000 termasuk yang paling terkenal adalah ISO 14001, yang merupakan inti
set standar yang digunakan oleh organisasi untuk merancang dan menerapkan
sistem manajemen lingkungan yang efektif. Standar lainnya termasuk dalam seri
ini adalah ISO 14004, yang memberikan pedoman tambahan untuk sistem manajemen
lingkungan, dan standar yang lebih khusus yang berhubungan dengan aspek-aspek
tertentu dari manajemen lingkungan. ISO 14000 standar manajemen lingkungan yang
ada untuk membantu organisasi meminimalkan bagaimana operasi mereka berdampak
negatif terhadap lingkungan.
Tujuan
utama dari seri ISO 14000 norma adalah "untuk mempromosikan lebih efektif
dan efisien pengelolaan lingkungan dalam organisasi dan untuk menyediakan alat
yang berguna dan bermanfaat - biaya yang yang efektif, sistem berbasis,
fleksibel dan mencerminkan organisasi terbaik dan yang terbaik organisasi
praktek yang tersedia untuk mengumpulkan, menafsirkan dan mengkomunikasikan
informasi yang relevan lingkungan ". Ini menawarkan sumber bimbingan untuk
memperkenalkan dan mengadopsi sistem manajemen lingkungan berdasarkan praktek
terbaik universal, dengan cara yang sama dengan ISO 9000 seri sistem manajemen
mutu, yang sekarang banyak digunakan, merupakan alat untuk transfer teknologi
yang terbaik yang tersedia praktek manajemen mutu. Dalam struktur seri ISO
14000 adalah sama dengan ISO 9000 kualitas manajemen dan keduanya dapat
diimplementasikan berdampingan.
Daftar Perusahaan yang telah
menerapkan Manajemen Mutu ISO 9000 dan ISO 14000 berikut ini adalah:
1.
PT KMI Wire and
Cable Tbk
2.
PT Krakatau
Steel (Persero) Tbk
3.
PT Komatsu
Indonesia
4.
PT Bakrie Metal
Industries
5.
PT Semen Tonasa
Sumber
:
Wikipedia
http://portal.tahupedia.com/content/show/441/Apa-Itu-Sertifikasi-ISO-dan-Mengapa-itu-Penting-Di-Dunia-Bisnis
0 comments:
Post a Comment