TUGAS ILMU BUDAYA DASAR
“ Budaya Kerja Perusahaan dan Jurnal Tentang Motivasi”
Disusun Oleh: Dimas Dwi Aryadi (32413488)
Kelas 1ID11
Jurusan Teknik Industri
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Gunadarma
Semester PTA 2013/2014
Daftar Isi
Budaya Kerja . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .1
· Integritas
· Profesional
· Keselamatan
· Inovasi
· Pelayanan Prima
Visi & Misi . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
·
Logo
·
Visi & Misi
Action . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
10 Judul Jurnal Tentang
Motivasi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4
Budaya Kerja Perusahaan PT.KAI
INTEGRITAS
Kami insan
PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) bertindak konsisten sesuai dengan
nilai-nilai kebijakan organisasi dan kode etik perusahaan. Memiliki pemahaman
dan keinginan untuk menyesuaikan diri dengan kebijakan dan etika tersebut dan
bertindak secara konsisten walaupun sulit untuk melakukannya.
PROFESIONAL
Kami insan
PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) memiliki kemampuan dan penguasaan dalam
bidang pengetahuan yang terkait dengan pekerjaan, mampu menguasai untuk menggunakan,
mengembangkan, membagikan pengetahuan yang terkait dengan pekerjaan kepada
orang lain.
KESELAMATAN
Kami insan
PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) memiliki sifat tanpa kompromi dan konsisten
dalam menjalankan atau menciptakan sistem atau proses kerja yang mempunyai
potensi resiko yang rendah terhadap terjadinya kecelakaan dan menjaga aset
perusahaan dari kemungkinan terjadinya kerugian.
INOVASI
Kami insan
PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) selalu menumbuh kembangkan gagasan baru,
melakukan tindakan perbaikan yang berkelanjutan dan menciptakan lingkungan
kondusif untuk berkreasi sehingga memberikan nilai tambah bagi stakeholder.
PELAYANAN PRIMA
Kami insan
PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) akan memberikan pelayanan yang terbaik yang
sesuai dengan standar mutu yang memuaskan dan sesuai harapan atau melebihi
harapan pelanggan dengan memenuhi 6 A unsur pokok: Ability (Kemampuan),
Attitude (Sikap), Appearance (Penampilan), Attention (Perhatian), Action
(Tindakan), dan Accountability (Tanggung jawab).
Logo dan Visi Misi
3 Garis
melengkung
melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
2 Garis
warna orange
melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada
pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan
Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan
Prima.
1 Garis
lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai
tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua
bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.)
Visi dan Misi
Visi
menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan
pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders
Misi
menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui
praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang
tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar
utama : Keselamatan, Ketepatan waktu, Pelayanan dan Kenyamanan
Action
Beli Tiket Kereta Api, Kini Bisa Bayar Melalui e-Commerce & Merchant CIMB Niaga
Tanggal Publish : 29 Oct 2013 13:40:00
Kerjasama antara PT. Kereta Api Indonesia
(Persero) dan PT Bank CIMB Niaga sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia
terus ditingkatkan. Setelah sebelumnya bekerjasama dalam hal fasilitas layanan
pembayaran tiket kereta api melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kini bagi
nasabah Bank CIMB Niaga yang ingin melakukan pembayaran tiket kereta api bisa
melalui e-commerce payment dan merchant. Kerjasama kedua belah pihak disepakati
dalam acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama di Grha CIMB Niaga, pada Senin
(28/10).
Direktur Keuangan PT KAI, Kurniadi Atmosasmito
sebagai menandatangani perjanjian dengan Corporate Banking Director CIMB Niaga,
Lo Nyen King. Direktur Keuangan PT KAI berkeyakinan jika banyak nasabah CIMB
Niaga yang juga menjadi pelanggan PT KAI. "Tentunya hal ini menjadi pasar
yang sangat potensial dan bias berdampak kepada penjualan tiket kereta
api," lanjutnya. Diharapkan fasilitas e-commerce dan merchant ini menjadi
bagian dari peningkatan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa kereta api di
Indonesia.
Melalui e-commerce payment ini, penggunan kereta
api dapat melakukan pembayaran langsung tiket kereta api melalui situs
www.kereta-api.co.id, menggunakan layanan CIMB CLicks tanpa perlu lagi re-login
dan langsung masuk ke URL CIMB Clicks. Selain itu, pemilik kartu debit CIMB
Niaga, juga dapat melakukan pembayaran melalui 23 Electronic Data Capture (EDC)
yang sudah terpasang di stasiun-stasiun utama PT KAI di seluruh Indonesia.
(Humaska)
E-Ticketing untuk Beri Kemudahan Pengguna Commuter Line dan KA Bandara
Tanggal Publish : 21 Jun 2013 16:32:00
PT KAI terus berusaha meningkatkan kualitas
pelayanan kepada pengguna jasa KA, khususnya KA Bandara maupun KRL Commuter
Line. Setelah sebelumnya memberi kemudahan masyarakat dalam mendapatkan tiket
KA melalui beberapa channel pembelian tiket KA jarak jauh di gerai
Indomaret, Alfamart, fasilitas Fast Pay, kantor pos, maupun melalui online
ticketing di website KAI www.kereta-api.co.id, Contact Center 121 dan
aplikasi Paditrain di smartphone, kini PT KAI kembali membuat gebrakan dengan
memberikan kemudahan dalam transaksi pembayaran e-ticketing kereta
bandara dan KRL Commuter Line Jabodetabek bekerjasama dengan pihak perbankan
nasional. Penandatangan kerjasama dilakukan pada Jumat (21/6) di Stasiun KA
Bandara Kualanamu Medan, antara PT KAI Grup (PT Railink dan PT KAI Commuter
Jabodetabek) dengan Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, Bank Mega, dan Bank DKI.
Disebutkan dalam MoU tersebut, keenam bank
sepakat untuk mendorong penggunaan transaksi non tunai yang sejalan dengan
arahan Bank Indonesia dalam menciptakan less cash society di
Indonesia. “Nantinya produk uang elektronik dari bank yang berkonsorsium
diharapkan akan terintegrasi pemakaiannya dengan moda-moda transportasi lainnya
di Indonesia,” ujar Deputy Gubernur Bank Indonesia, Ronald Waas. Pada acara
tersebut Ronald Waas bersama segenap undangan berkesempatan mencoba kereta
bandara dari halte Stasiun KA Bandara ke Bandara Kualanamu.
Direktur Keuangan PT KAI (Persero) Kurniadi Atmosasmito mengatakan bahwa
kerjasama semacam ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan layanan kepada
pengguna jasa KA bandara maupun KRL Commuter Line di Jabodetabek yang terus
mengalami peningkatan, terlebih pasca kenaikan harga BBM. “Saya yakin ke depan
KRL Commuter Line akan menjadi primadona masyarakat Jabodetabek,” tegasnya.Sementara itu, Direktur Konsumer dan Ritel PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Darmadi Sutanto menambahkan, kerja sama KAI Group dengan keenam bank dalam membangun pelayanan e-ticketing akan menambah opsi pelayanan perbankan dalam memudahkan pengguna moda transportasi kereta api. Sebelumnya, BNI juga telah menerbitkan kartu kerjasama dengan beberapa partner, misalnya kartu intermoda berupa kartu prepaid untuk Kereta Api Prambanan Ekspress (kerjasama dengan Bank BRI dan Bank BCA) dan Rail Card (kartu prepaid untuk pembelian tiket kereta api melalui Rail Box di beberapa stasiun). (Humaska)
PT. KAI Rangkul PT. LEN Kembangkan Perkeretaapian
Tanggal Publish : 08 Oct 2013 19:21:00
Peningkatan performa pemantauan dan monitoring
kereta api (KA) yang diintegrasikan dengan sistem teknologi informasi, mutlak
perlu dilakukan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero). Fungsi pemantauan
ini, sudah barang tentu yang berimbas pula pada semakin meningkatnya pelayanan
pada pengguna jasa KA. Guna mempercepatnya, PT. KAI menandatangani nota
kesepahaman dengan PT. LEN Industri (Persero) yang ditandatangani langsung oleh
Direktur Utama PT. KAI, Ignasius Jonan dan Direktur Utama PT. LEN Industri, Ir.
Abraham Mose di Stasiun Gambir, Jumat (4/10).
Dijelaskan lebih lanjut oleh Direktur Personalia,
Umum dan TI PT. KAI, M. Kuncoro Wibowo, kerjasama yang akan dilakukan berupa
pemasangan locotrack yang ditargetkan selesai sebelum Natal dan Tahun Baru.
Selain itu, e-ticketing KA jarak jauh juga akan dikerjasamakan dengan PT. LEN,
dimana mereka memiliki kompetensi dalam e-KTP. "Kita tahu betul kita
memiliki masalah dimana calo sangat pintar. Dia bisa memalsukan e-ktp tersebut
yang kita tidak bisa mendeteksinya. Dengan integrasi e-ktp dan RTS (Rail
Ticketing System) kita yakin akan menjadi lebih baik," tutur Kuncoro.
"Yang ketiga adalah pemasangan train
management system (TMS), dimana kita bisa monitor seluruh perjalanan kereta
api. Termasuk kaitan dengan gapeka. Kita berharap bisa dilakukan tahun
depan," lanjut Kuncoro. (Humaska)
PT KAI Jalin Kerjasama dengan JR EAST dan EJRCF
Tanggal Publish : 28 Aug 2013 14:00:00
Pada Selasa, 27 Agustus 2013, PT KAI menerima
kunjungan delegasi JR EAST dan EJRCF (East Japan Railway Culture Foundation) di
Ruang Rakor Kantor Pusat PT KAI, Bandung. Kunjungan ini merupakan bagian dari
JR East Fellowship Program-Indonesia Visit 2013 dimana delegasi JR EAST akan
melihat perkembangan perkeretaapian Indonesia di beberapa daerah mulai tanggal
26-29 Agustus 2013. JR EAST dan EJRCF sendiri membawa 3 misi dalam program ini,
yaitu membantu pengembangan perkeretaapian di Asia, membantu mengembangkan lifestyle
station dan shopping center di Asia, dan meningkatkan kerjasama
bidang pariwisata. Delegasi JR EAST terdiri dari 7 orang yang dipimpin oleh
Koji Tomita, General Manajer of International Department, East Japan Railway
Culture Foundation (EJRCF).
Pihak PT KAI yang diwakili oleh EVP Personnel
Care and Control, Sri Kuncoro menerima delegasi JR EAST dan memberikan
sambutan. Dalam sambutannya, ia snagat mengapresiasi kerjasama dan bantuan JR
EAST untuk ikut mengSetelah masing-masing perwakilan memberikan sambutan, acara
dilanjutkan dengan penyerahan Naskah Kerjasama secara simbolik antara PT KAI
dan JR EAST. Adapun penandatangan kerjasama akan dilaksanakan pada hari Kamis,
29 Agustus 2013 di Kantor PT KCJ, Jakarta.
Dalam JR EAST Fellowship Program ini, JR EAST
menerima 2 orang pegawai PT KAI untuk 'magang' dan belajar mengenai
perkeretaapian di Jepang. Pegawai tersebut yaitu Juhari Muhammad Saefudin (JM
QC Balai Yasa Mekanik Cirebon) dan Yanto Yulianto (Manajer Rekayasa Teknik
Sarana dan Prasarana PT KCJ). Mengambil tema 'Seeing is Believing',
perwakilan insan perkeretaapian Indonesia ini dapat membawa perubahan secara
mendasar dalam bidang perkeretaapian setelah belajar di Jepang selama 3 bulan.
JR EAST yang diwakili Koji Tomita pun mengapresiasi perubahan dan perkembangan
perkeretaapian Indonesia saat ini. PT KAI dinilai memiliki peluang besar untuk
lebih memajukan perkeretaapian karena kebutuhan transportasi massal di Indonesia
saat ini sangat tinggi.
Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi
mengenai perkembangan perkeretaapian di Indonesia dan Jepang, potensi
pengembangan perkeretaapian di Indonesia, dan peluang kerjasama lainnya antara
PT KAI dan JR EAST. PT KAI dan JR EAST juga saling bertukar cinderamata.
Delegasi JR EAST dan dua trainee JR EAST Fellowship Program beserta
rombongan PT KAI akan mengunjungi dan meninjau Balai Yasa Mekanik di Cirebon
pada Rabu, 28 Agustus 2013 sebelum mengunjungi Kantor PT KCJ di Jakarta dan mengakhiri
kunjungannya pada Kamis, 29 Agustus 2013. (Humaska)
10 Judul Jurnal Tentang Motivasi
No
|
Judul
|
Tahun Terbit
|
1
|
PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (KASUS PADA DIVISI NETWORK MANAGEMENT PT INDOSAT,Tbk.)
Penulis : Helga Margareth
|
2013
|
2
|
PENGARUH
IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT. PLN
(PERSERO) AREA SIDOARJO
Penulis :
Raymond Soelistiono Filemon
|
2013
|
3
|
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN
PADA PT. ATRI DISTRIBUTION
Penulis : Marliana
B. Winanti
|
2013
|
4
|
PENGARUH MOTIVASI
DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV BERKAT CIPTA KARYA NUSANTARA
SURABAYA
Penulis : Sulistyo Budi
Utomo
|
2012
|
5
|
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN
GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN IMPLLKASINYA TERHADAP KINERJA
KARYAWAN DI PERGURUAN TINGGI SWASTA STIMART-AMNI SEMARANG (THE INFLUENCE OF
WORK SURROUNDINGS AND THE STYLE OF LEADERSHIP TOWARDS WORK) ,
Penulis : Tri Winarno |
2012
|
6
|
PENGARUH
KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN
(STUDI PADA CV. KARYA MINA PUTRA REMBANG DEVISI KAYU).
Penulis : Ariwibowo,
Risky Novianto.
|
2011
|
7
|
PENGARUH
KOMPETENSI, DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT PLN (PERSERO)
AREA PELAYANAN DAN JARINGAN SURABAYA SELATAN.
Penulis : Puji Lestyaningsih |
2010
|
8
|
PENGARUH
MOTIVASI DAN KEMAMPUAN TERHADAP KINERJA
KARYAWAN
(STUDI PADA KARYAWAN PT. UNITED TRACTORS, TBK SAMARINDA)
Penulis : Frans Farlen
|
2011
|
9
|
PENGARUH
MOTIVASI KERJA, KEMAMPUAN CARA KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA
KARYAWAN PADA BADAN KESATUAN BANGSA DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT PROVINSI JAWA
TENGAH
Penulis : Enny Rachmawati, Y. Warella, Zaenal Hidayat
|
2006
|
10
|
PENGARUH
MOTIVASI DAN ABILITY TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. JASA RAHARJA (PERSERO)
CABANG RIAU ,
Penulis : Nidya Gusnita , |
2012
|
0 comments:
Post a Comment