Friday, 29 November 2013

Budaya Kerja Perusahaan dan Jurnal Tentang Motivasi



TUGAS ILMU BUDAYA DASAR
Budaya Kerja Perusahaan dan Jurnal Tentang Motivasi”



Disusun Oleh: Dimas Dwi Aryadi (32413488)


Kelas 1ID11
Jurusan Teknik Industri
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Gunadarma
Semester PTA 2013/2014


Daftar Isi
Budaya Kerja . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .1
·       Integritas
·       Profesional
·       Keselamatan
·       Inovasi
·       Pelayanan Prima
Visi & Misi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
·         Logo
·         Visi & Misi
Action . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
10 Judul Jurnal Tentang Motivasi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4

Budaya Kerja Perusahaan PT.KAI
INTEGRITAS
Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai kebijakan organisasi dan kode etik perusahaan. Memiliki pemahaman dan keinginan untuk menyesuaikan diri dengan kebijakan dan etika tersebut dan bertindak secara konsisten walaupun sulit untuk melakukannya.
PROFESIONAL
Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) memiliki kemampuan dan penguasaan dalam bidang pengetahuan yang terkait dengan pekerjaan, mampu menguasai untuk menggunakan, mengembangkan, membagikan pengetahuan yang terkait dengan pekerjaan kepada orang lain.
KESELAMATAN
Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) memiliki sifat tanpa kompromi dan konsisten dalam menjalankan atau menciptakan sistem atau proses kerja yang mempunyai potensi resiko yang rendah terhadap terjadinya kecelakaan dan menjaga aset perusahaan dari kemungkinan terjadinya kerugian.
INOVASI
Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) selalu menumbuh kembangkan gagasan baru, melakukan tindakan perbaikan yang berkelanjutan dan menciptakan lingkungan kondusif untuk berkreasi sehingga memberikan nilai tambah bagi stakeholder.
PELAYANAN PRIMA
Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) akan memberikan pelayanan yang terbaik yang sesuai dengan standar mutu yang memuaskan dan sesuai harapan atau melebihi harapan pelanggan dengan memenuhi 6 A unsur pokok: Ability (Kemampuan), Attitude (Sikap), Appearance (Penampilan), Attention (Perhatian), Action (Tindakan), dan Accountability (Tanggung jawab).
Logo dan Visi Misi
3 Garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
2 Garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
1 Garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.)
Visi dan Misi
Visi menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders

Misi menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : Keselamatan, Ketepatan waktu, Pelayanan dan Kenyamanan


Action

Beli Tiket Kereta Api, Kini Bisa Bayar Melalui e-Commerce & Merchant CIMB Niaga

Tanggal Publish : 29 Oct 2013 13:40:00
Kerjasama antara PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Bank CIMB Niaga sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia terus ditingkatkan. Setelah sebelumnya bekerjasama dalam hal fasilitas layanan pembayaran tiket kereta api melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kini bagi nasabah Bank CIMB Niaga yang ingin melakukan pembayaran tiket kereta api bisa melalui e-commerce payment dan merchant. Kerjasama kedua belah pihak disepakati dalam acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama di Grha CIMB Niaga, pada Senin (28/10).
Direktur Keuangan PT KAI, Kurniadi Atmosasmito sebagai menandatangani perjanjian dengan Corporate Banking Director CIMB Niaga, Lo Nyen King. Direktur Keuangan PT KAI berkeyakinan jika banyak nasabah CIMB Niaga yang juga menjadi pelanggan PT KAI. "Tentunya hal ini menjadi pasar yang sangat potensial dan bias berdampak kepada penjualan tiket kereta api," lanjutnya. Diharapkan fasilitas e-commerce dan merchant ini menjadi bagian dari peningkatan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa kereta api di Indonesia.
Melalui e-commerce payment ini, penggunan kereta api dapat melakukan pembayaran langsung tiket kereta api melalui situs www.kereta-api.co.id, menggunakan layanan CIMB CLicks tanpa perlu lagi re-login dan langsung masuk ke URL CIMB Clicks. Selain itu, pemilik kartu debit CIMB Niaga, juga dapat melakukan pembayaran melalui 23 Electronic Data Capture (EDC) yang sudah terpasang di stasiun-stasiun utama PT KAI di seluruh Indonesia. (Humaska)

E-Ticketing untuk Beri Kemudahan Pengguna Commuter Line dan KA Bandara

Tanggal Publish : 21 Jun 2013 16:32:00
PT KAI terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa KA, khususnya KA Bandara maupun KRL Commuter Line. Setelah sebelumnya memberi kemudahan masyarakat dalam mendapatkan tiket KA melalui beberapa channel pembelian tiket KA jarak jauh di gerai Indomaret, Alfamart, fasilitas Fast Pay, kantor pos, maupun melalui online ticketing di website KAI www.kereta-api.co.id, Contact Center 121 dan aplikasi Paditrain di smartphone, kini PT KAI kembali membuat gebrakan dengan memberikan kemudahan dalam transaksi pembayaran e-ticketing kereta bandara dan KRL Commuter Line Jabodetabek bekerjasama dengan pihak perbankan nasional. Penandatangan kerjasama dilakukan pada Jumat (21/6) di Stasiun KA Bandara Kualanamu Medan, antara PT KAI Grup (PT Railink dan PT KAI Commuter Jabodetabek) dengan Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, Bank Mega, dan Bank DKI.
Disebutkan dalam MoU tersebut, keenam bank sepakat untuk mendorong penggunaan transaksi non tunai yang sejalan dengan arahan Bank Indonesia dalam menciptakan less cash society di Indonesia. “Nantinya produk uang elektronik dari bank yang berkonsorsium diharapkan akan terintegrasi pemakaiannya dengan moda-moda transportasi lainnya di Indonesia,” ujar Deputy Gubernur Bank Indonesia, Ronald Waas. Pada acara tersebut Ronald Waas bersama segenap undangan berkesempatan mencoba kereta bandara dari halte Stasiun KA Bandara ke Bandara Kualanamu.
Direktur Keuangan PT KAI (Persero) Kurniadi Atmosasmito mengatakan bahwa kerjasama semacam ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan layanan kepada pengguna jasa KA bandara maupun KRL Commuter Line di Jabodetabek yang terus mengalami peningkatan, terlebih pasca kenaikan harga BBM. “Saya yakin ke depan KRL Commuter Line akan menjadi primadona masyarakat Jabodetabek,” tegasnya.
Sementara itu, Direktur Konsumer dan Ritel PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Darmadi Sutanto menambahkan, kerja sama KAI Group dengan keenam bank dalam membangun pelayanan e-ticketing akan menambah opsi pelayanan perbankan dalam memudahkan pengguna moda transportasi kereta api. Sebelumnya, BNI juga telah menerbitkan kartu kerjasama dengan beberapa partner, misalnya kartu intermoda berupa kartu prepaid untuk Kereta Api Prambanan Ekspress (kerjasama dengan Bank BRI dan Bank BCA) dan Rail Card (kartu prepaid untuk pembelian tiket kereta api melalui Rail Box di beberapa stasiun). (Humaska)

PT. KAI Rangkul PT. LEN Kembangkan Perkeretaapian

Tanggal Publish : 08 Oct 2013 19:21:00
Peningkatan performa pemantauan dan monitoring kereta api (KA) yang diintegrasikan dengan sistem teknologi informasi, mutlak perlu dilakukan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero). Fungsi pemantauan ini, sudah barang tentu yang berimbas pula pada semakin meningkatnya pelayanan pada pengguna jasa KA. Guna mempercepatnya, PT. KAI menandatangani nota kesepahaman dengan PT. LEN Industri (Persero) yang ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT. KAI, Ignasius Jonan dan Direktur Utama PT. LEN Industri, Ir. Abraham Mose di Stasiun Gambir, Jumat (4/10).
Dijelaskan lebih lanjut oleh Direktur Personalia, Umum dan TI PT. KAI, M. Kuncoro Wibowo, kerjasama yang akan dilakukan berupa pemasangan locotrack yang ditargetkan selesai sebelum Natal dan Tahun Baru. Selain itu, e-ticketing KA jarak jauh juga akan dikerjasamakan dengan PT. LEN, dimana mereka memiliki kompetensi dalam e-KTP. "Kita tahu betul kita memiliki masalah dimana calo sangat pintar. Dia bisa memalsukan e-ktp tersebut yang kita tidak bisa mendeteksinya. Dengan integrasi e-ktp dan RTS (Rail Ticketing System) kita yakin akan menjadi lebih baik," tutur Kuncoro.
"Yang ketiga adalah pemasangan train management system (TMS), dimana kita bisa monitor seluruh perjalanan kereta api. Termasuk kaitan dengan gapeka. Kita berharap bisa dilakukan tahun depan," lanjut Kuncoro. (Humaska)

 

PT KAI Jalin Kerjasama dengan JR EAST dan EJRCF

Tanggal Publish : 28 Aug 2013 14:00:00
Pada Selasa, 27 Agustus 2013, PT KAI menerima kunjungan delegasi JR EAST dan EJRCF (East Japan Railway Culture Foundation) di Ruang Rakor Kantor Pusat PT KAI, Bandung. Kunjungan ini merupakan bagian dari JR East Fellowship Program-Indonesia Visit 2013 dimana delegasi JR EAST akan melihat perkembangan perkeretaapian Indonesia di beberapa daerah mulai tanggal 26-29 Agustus 2013. JR EAST dan EJRCF sendiri membawa 3 misi dalam program ini, yaitu membantu pengembangan perkeretaapian di Asia, membantu mengembangkan lifestyle station dan shopping center di Asia, dan meningkatkan kerjasama bidang pariwisata. Delegasi JR EAST terdiri dari 7 orang yang dipimpin oleh Koji Tomita, General Manajer of International Department, East Japan Railway Culture Foundation (EJRCF).
Pihak PT KAI yang diwakili oleh EVP Personnel Care and Control, Sri Kuncoro menerima delegasi JR EAST dan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, ia snagat mengapresiasi kerjasama dan bantuan JR EAST untuk ikut mengSetelah masing-masing perwakilan memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan Naskah Kerjasama secara simbolik antara PT KAI dan JR EAST. Adapun penandatangan kerjasama akan dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Agustus 2013 di Kantor PT KCJ, Jakarta.
Dalam JR EAST Fellowship Program ini, JR EAST menerima 2 orang pegawai PT KAI untuk 'magang' dan belajar mengenai perkeretaapian di Jepang. Pegawai tersebut yaitu Juhari Muhammad Saefudin (JM QC Balai Yasa Mekanik Cirebon) dan Yanto Yulianto (Manajer Rekayasa Teknik Sarana dan Prasarana PT KCJ). Mengambil tema 'Seeing is Believing', perwakilan insan perkeretaapian Indonesia ini dapat membawa perubahan secara mendasar dalam bidang perkeretaapian setelah belajar di Jepang selama 3 bulan. JR EAST yang diwakili Koji Tomita pun mengapresiasi perubahan dan perkembangan perkeretaapian Indonesia saat ini. PT KAI dinilai memiliki peluang besar untuk lebih memajukan perkeretaapian karena kebutuhan transportasi massal di Indonesia saat ini sangat tinggi.
Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai perkembangan perkeretaapian di Indonesia dan Jepang, potensi pengembangan perkeretaapian di Indonesia, dan peluang kerjasama lainnya antara PT KAI dan JR EAST. PT KAI dan JR EAST juga saling bertukar cinderamata. Delegasi JR EAST dan dua trainee JR EAST Fellowship Program beserta rombongan PT KAI akan mengunjungi dan meninjau Balai Yasa Mekanik di Cirebon pada Rabu, 28 Agustus 2013 sebelum mengunjungi Kantor PT KCJ di Jakarta dan mengakhiri kunjungannya pada Kamis, 29 Agustus 2013. (Humaska)


10 Judul Jurnal Tentang Motivasi
No
Judul
Tahun Terbit
1

PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (KASUS PADA DIVISI NETWORK MANAGEMENT PT INDOSAT,Tbk.)

Penulis : Helga Margareth
2013
2
PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT. PLN (PERSERO) AREA SIDOARJO
Penulis : Raymond Soelistiono Filemon
2013
3
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ATRI DISTRIBUTION
Penulis : Marliana B. Winanti
2013
4
PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV BERKAT CIPTA KARYA NUSANTARA SURABAYA
Penulis : Sulistyo Budi Utomo
2012
5
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN IMPLLKASINYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PERGURUAN TINGGI SWASTA STIMART-AMNI SEMARANG (THE INFLUENCE OF WORK SURROUNDINGS AND THE STYLE OF LEADERSHIP TOWARDS WORK) ,
Penulis : Tri Winarno
2012
6
PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA CV. KARYA MINA PUTRA REMBANG DEVISI KAYU).
Penulis : Ariwibowo, Risky Novianto.
2011
7
PENGARUH KOMPETENSI, DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN SURABAYA SELATAN.
Penulis : Puji Lestyaningsih
2010
8
PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN TERHADAP KINERJA
KARYAWAN (STUDI PADA KARYAWAN PT. UNITED TRACTORS, TBK SAMARINDA)
Penulis : Frans Farlen
2011
9
PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEMAMPUAN CARA KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BADAN KESATUAN BANGSA DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT PROVINSI JAWA TENGAH
Penulis : Enny Rachmawati, Y. Warella, Zaenal Hidayat
2006
10
PENGARUH MOTIVASI DAN ABILITY TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG RIAU ,
Penulis : Nidya Gusnita ,
2012

Posted on by Unknown | No comments

0 comments:

Post a Comment